Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PHP - Penjelasan Macam - Macam Dan Jenis Function / Fungsi

PHP - Penjelasan Dan Contoh Program Function / Fungsi Sederhana

Assalamu'alaikum wr.wb.
Ketika kita membuat sebuah program, pasti ada kalanya kita membuat sebuah code dimana code tersebut memiliki kegunaan yang sama dengan program yang lain. Hal itu sangatlah mengganggu karena itu bisa membuat kinerja web menurun yang disebabkan oleh banyaknya baris dalam program yang dibaca oleh sistem dan tampilan program tersebut menjadi acak- acakan karena banyak program yang sama dan diketikkan berulang - ulang. Masalah ini sering timbul manakala anda membuat sebuah web yang mana web tersebut memiliki banyak sekali fitur - fitur yang diselipkan dari program. Lalu saat terjadi error, anda sangat dipusingkan dengan tata letak program yang tidak beraturan tersebut sehingga mengakibatkan anda stress dan harus kerja dua kali.

Jika kasus tersebut sedang dialami oleh anda, maka solusi yang anda butuhkan adalah fitur dari bahasa pemrograman PHP tersebut. Yaitu function. Dengan function kita dapat mengelompokkan sebuah program, sehingga anda tidak perlu repot - repot mengettikan program yang sama terus - menerus. Selain itu dengan function ini pula anda dapat mengatasi error program dengan lebih baik karena anda sudah mengelompokkan program tersebut sesuai dengan fungsi masing - masing. Tentu hal tersebut sangatlah membantu anda yang sedang belajar bahasa pemrograman PHP sehingga anda nyasar berkunjung ke blog ini. Hehe....



Baca Juga

Pada tutorial ini, saya akan membahas tentang function pada bahasa pemrograman PHP. Function sendiri dalam bahasa Indonesia sering disebut dengan fungsi atau method. Jadi ketika anda mendengar kata tersebut, sebenarnya kata - kata itu memiliki arti yang sama. Tenang saja. Function bukanlah sesuatu hal yang sulit, function merupakan gabungan dari beberapa materi tentang PHP. Materi tersebut akan saya jelaskan nanti. Sekarang, mari kita coba mengenal tentang function.


1. PENJELASAN FUNCTION

Pada tahap ini, saya akan membahas tentang teori - teori dasar dari function yang menurut saya cukup untuk dipelajari. Teori tersebut sudah saya rangkum secukupnya sehingga anda bisa memahaminya dengan mudah. Berikut ini merupakan teori penjelasan tentang function.

Pengertian Fungsi (Function)

Fungsi adalah suatu bagian dari program yang dipergunakan untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang menghasilkan suatu nilai untuk dikembalikan ke program pemanggil dan letaknya dipisahkan dari bagian program yang menggunakannya.

Manfaat Menggunakan Function

Berikut ini adalah manfaat - manfaat dari function atau fungsi. Dengan menggunakan fungsi, kita mendapatkan kemudahan sebagai berikut :
  • Menghindari pengulangan
  • tujuannya untuk menghindari penulisan bagian kode program berulang-ulang.
  • Penataan program
  • program yang besar dan komplek dibagi-bagi menjadi aktivitas yang berbeda dan ditempatkan dalam subrutine yang terpisah, sehingga setiap aktivitas bisa ditulis dan diperiksa secara mandiri.
  • Kemandirian
  • mempunyai variabel "private" yaitu variabel yang tidak bisa diakses program pemanggil atau subrutin lain.

2. MACAM - MACAM DAN JENIS FUNCTION

Dalam bahasa pemrograman PHP, function juga dibagi menjadi beberapa macam yang mana function tersebut digunakan dan diakses berdasarkan pengelompokan jenis dari function itu sendiri. Berikut ini adalam macam - macam function pada bahasa pemrograman PHP :

1. Fungsi Built - in

Fungsi built-in adalah fungsi yang disediakan oleh PHP dan dapat langsung dipakai. Fungsi dengan jenis ini tidak perlu kita deklarasikan lagi karena pada bahasa pemrograman PHP sendiri sudah menyediakan fitur tersebut. Berikut ini adalah contoh fungsi built-in :


Echo string_first,string_second,...string_last
Fungsi echo sering digunakan untuk mengirim satu atau lebih parameter yang dipisahkan dengan tanda baca koma(,) ke browser. Fungsi ini sering kita gunakan ketika kita membuat output program ke tampilan WEB. Sebagai contoh :

<?php
echo "aku datang",1,2,3.3,60000,"kamu pergi";
?>

Program diatas akan menghasilkan apa yang tertulis setelah code echo hingga titik koma (;). Tampilan yang muncul ke web adalah sesuai yang tertulis pada code tersebut.

Print  (string_output)
Fungsi ini hampir sama dengan fungsi echo yaitu untuk mengirim output ke browser. Sama halnya dengan echo, fungsi print sendiri merupakan fungsi bawaan dari PHP yang berguna untuk menampilkan output di browser sesuai dengan apa yang tertulis di dalam kurung () setelah print. Sebagai contoh:

<?php
print ("Hai semua ,  Selamat datang di Tutor-All Programming");
?>

Perbedaan dari print dan echo adalah print memberikan value atau parameter berbentuk string, Dan penulisan tersebut haruslah berada di dalam kurung setelah print.


Printf (string_format, argumen...)
Fungsi ini hampir sama dengan fungsi print, yaitu untuk mengirim output ke browser. Fungsi ini sering digunakan untuk menampilkan hasil yang formatnya bisa diatur. Format yang bisa diatur tersebut berbentuk karakter huruf yang cara pemanggilannya menggunakan tanda persen (%). Masing - masing dari karakter tersebut mewakili tipe data tertentu. Berikut ini merupakan format - format printf yang sering digunakan :

Format
DInteger; notasi desimal
BInteger; notasi binary
OInteger; notasi oktal
XInteger; notasi hexadesimal, dinyatakan dalam huruf kecil/kapital
CKarakter yang nilai ASCII-nya dinyatakan dalam argumen
SString
FDouble(bilangan real)

Format diatas merupakan format yang mewakili beberapa tipe data. Tiap format memiliki tipe data yang berbeda - beda. Namun anda tidak perlu khawatir jika tidak memahami format diatas, karena format tersebut saat ini memang jarang digunakan.

<?php
  printf ("%s %d %f <br>\n","string",10,3.14);
?>

Jika kita amati baik - baik program diatas, sebenarnya output dari program diatas tidak ada bedanya dengan yang lain. Untuk output memang terlihat sama secara kasat mata. Yang membedakan printf dari print maupun echo adalah output yang dihasilkan bertipe data sesuai keinginan dan dapat dimanipulasi sesuka kita. angka 10 yang keluar merupakan string, sedangkan angka 3 merupakan integer, angka 14 merupakan double. Jika anda tidak percaya silahkan tambahkan tanda petik di masing - masing angka tersebut. Pasti akan terjadi error pada angka 3 dan 14 (contoh : 10,"3","14").


Copy (string_source, string destination)
Fungsi ini digunakan untuk menyalin suatu file yang ditentukan dalam argumen source(lokasi asal file) menuju destination (lokasi tujuan). Akan menghasilkan true jika berhasil. Dengan fungsi Copy ini, kita bisa menyalin sesuai dengan isi dari file ke file yang dituju. Berikut ini merupakan contoh progam :

<?php
If (copy("data.txt","tmp/data txt"))
{
 print("data.txt disalin ke /tmp");
}
else
{
 Print{"data.txt tidak dapat disalin !");
}
?>

Pada program diatas, kita bermaksud untuk menyalin isi dari file data.txt ke dalam file tmp/data.txt. Jika proses persalinan data berhasil, maka akan muncul pesan "data.txt disalin ke /tmp". Apabila gagal maka akan muncul pesan "data.txt tidak dapat disalin".


Include(string _source, string_destination)
Argumen filename merupakan nama file yang akan dijalankan dengan fungsi include. Fungsi ini sering digunakan untuk menyisipkan file yang disebutkan dalam argumen. Amati contoh dibawah ini:

<?php
 include("fungsi_print.php")
?>

fungsi_print.php merupakan nama class yang dibuat oleh kitas sendiri ataupun bawaan dari PHP. Dengan menggunakan include, artinya kita menggabungkan class tersebut kedalam class yang ada.


Phpinfo()
Dengan fungsi ini akan didapatkan informasi tentang versi PHP, pembuatnya, sistem operasi web server, konfigurasi variabel, dan sebagainya.

<?php
 phpinfo();
?>

program diatas adalah program untuk memberikan output tentang php yang digunakan dari xampp yang kita punya. Untuk yang satu ini, sebenarnya menurut saya tidak begitu penting karena fungsi tersebut digunakan di saat - saat tertentu dan tidak harus dipanggil ketika kita membuat program.


Starlen(string_text)
Fungsi ini akan mengembalikan nilai integer yang merupakan panjan string dalam argumen text. Lihatlah contoh berikut ini:

<?php
 print(starlen("stmikamikom"));
?>


Ord(string_character)
Fungsi ini akan mengembalikan nilai ASCII dari karakter pada argumen. Jadi argumennya hanyalah sebuah karakter. Perhatikan contoh di bawah ini:

<?php
  print(ord("B"));
?>


Strtolower(string_text)
Fungsi ini akan mengubah argumen menjadi huruf kecil semua. Untuk jelasnya anda dapat mencoba contoh berikut:

<?php
  Print(strtolowe(www.tutorallprogramming.blogspot.com));
?>


Strtoupper(string_text)
Fungsi ini merupakan kembalikan dari fungsi strtolower. Semua huruf dalam argumen text yang bertipe string akan diubah menjadi huruf kapital dan menjadi keluaran dari fungsi ini. Perhatikan contoh di bawah ini:

<?php
  print(strtoupper(www.tutorallprogramming.blogspot.com));
?>



2. UDF (User Defined Function)

User defined function (UDF) adalah function yang dibuat oleh pemrogram, karena tidak ada function built-in yang tersedia untuk penyelesaikan kebutuhan pemrogram. UDF terkadang dibuat karena built-in function yang disediakan tidak sesuai dengan kebutuhan.

UDF dibuat dan diletakkan dimana saja dalam script PHP, sebaiknya diletakkan pada bagian paling atas script PHP agar memudahkan proses debugging dalam tahap pembuatan dan pengembangan program.

User defined function (UDF) dibutuhkan untuk memudahkan proses pengembangan suatu aplikasi. UDF dibuat oleh pemrogram.

Deklarasi UDF


<?php
 Function namafungsi($parameter){
  return "Nilai Kembali : ".$parameter;
 }
?>

namafungsi tidak boleh sama dengan salah satu nama fungsi built-in yang dimiliki oleh PHP. Jika namafungsi sama maka akan menyebabkan kesalahan dalam script.

$parameter adalah data yang diperlukan oleh fungsi untuk diproses . parameter tidak harus diberikan. Parameter diperlukan untuk melewatkan data yang akan diproses dalam fungsi yang dibuat.

Peletakan UDF dalam Script
UDF sebaiknya diletakkan pada awal program (script), peletakan pada seksi header untuk memisahkan dari bagian dokumen yang akan ditampilkan dalam halaman web. Dengan peletakan daftar fungsi pada bagian paling atas, maka eksekusi script PHP dapat lebih cepat, karena pada saat fungsi dibutuhkan maka fungsi tersebut sudah diload dan diparsing oleh server.

Pemanggilan UDF
Sintaks :

<?php
  $varHasil=&namafungsi(2);
  echo $varHasil;
?>

Penggunaan tanda & tidak mutlak, karena PHP secara otomatis akan menganggap sebagai fungsi karena tidak didahului dengan tanda $.


3. Function External

Function external merupakan daftar function yang belum diaktifkan (di-link) dalam keseluruhan modul PHP, functionnya diletakkan pada library atau file yang terpisah dari modul PHP. Function external ini dapat diaktifkan secara otomatis dengan meregistrasikan pada file PHP.ini.

Apabila ada library function yang belum diaktifkan secara otomatis maka pemanggilannya harus didahului dengan memberikan perintah secara eksplisit untuk meload library dari function external tersebut berada supaya dapat dipanggil atau digunakan oleh script PHP. Pemanggilan dengan menggunakan perintah :

<?php
  dl("ektensions/php_dbase.dll");
  $records=dbase_open("data.dbf",0);
  if ($records){
    echo "Database connected"."<br>";
    $rc=dbase_numrecords($records);
    echo "Jumlah record ".$rc;
  }else{
    echo "Database not connected";
  }
?>
keterangan : dl = dynamic load.


3. PENUTUP

Penjelasan diatas adalah penjelasan dari berbagai blog yang kemudian saya kombinasikan dan mengambil beberapa data yang penting saja. Informasi tersebut juga saya berikan penjelasan sesuai dengan pemikiran saya dengan tujuan anda yang membaca artikel ini dapat lebih memahami tentang function.

Demikian artikel sampai disini. Apabila ada kekurangan saya mohon maaf. Silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar. Terimakasih telah berkunjung, semoga artikel ini bermanfaat. Assalamu'alaikum wr.wb


2 comments for "PHP - Penjelasan Macam - Macam Dan Jenis Function / Fungsi "

  1. Seo Online

    Bandar Bola live – Dunia Olahraga memang tidak bisa lepas dari rutinitas kita sehari-hari termasuk bidang Olahraga Sepak bola tentunya

    http://167.114.18.199/
    http://167.114.18.208/
    http://167.114.18.209/
    https://pasangbola828.com/
    https://www.maju88bet.com/
    https://www.betasik.com/
    http://172.93.101.13/

    ReplyDelete
  2. Php - Penjelasan Macam - Macam Dan Jenis Function / Fungsi >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Php - Penjelasan Macam - Macam Dan Jenis Function / Fungsi >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Php - Penjelasan Macam - Macam Dan Jenis Function / Fungsi >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    ReplyDelete