Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Database - Penjelasan Tentang Relasi Antar Tabel

Database - Penjelasan Tentang Relasi Antar Tabel
Assalamu'alaikum wr.wb.
Pada kesempatan ini, saya akan membahas tentang relasi database. Saat ini mungkin banyak yang belum mengerti tentang relasi database tersebut dimana ada relasi one to one, one to many, dan many to many. Beberapa masih belum mengerti tentang fungsi dari relasi dan jenis - jenis relasi tersebut. Karena itu disini akan saya bahas dan memberikan sedikit penjelasan dan memberi contoh pada relasi dari masing - masing relasi tersebut.

Disini saya memberikan sedikit pengertian relasi dari para ahli, dimana pengertian tersebut diartikan oleh para ahli dari database tersebut. Lalu tidak lupa dengan contoh relasi tersebut berupa gambar dari database agar anda mengerti tentang bentuk dari relasi yang dimaksud. Lalu ditambah dengan penjelasan sebab dan asal usul relasi itu. Dan yang terakhir adalah memberikan contoh kasus dari relasi dengan contoh kasus yang lain.



Baca Juga

Sedikit informasi bahwa disini saya tidak akan membahas tentang program SQL. Disini saya hanya menjelaskan tentang relasi database beserta contoh kasus dari relasi tersebut sehingga satu kasus tersebut bisa diselesaikan dengan relasi database. Apabila anda mencari tentang program untuk membuat database dan tabel, silahkan kunjungi artikel saya tentang Tutorial Membuat Database Dengan SQL Server dan Cara Membuat database dan relasi Dengan MySQL.



Pengertian Relasi Antar Tabel 

Secara umum. relasi adalah hubungan antara tabel yang mempresentasikan hubungan antar objek di dunia nyata. Relasi merupakan hubungan yang terjadi pada suatu tabel dengan lainnya yang mempresentasikan hubungan antar objek di dunia nyata dan berfungsi untuk mengatur mengatur operasi suatu database.

Jadi relasi merupakan penghubung antar tabel satu dengan tabel lainnya yang mana tabel tersebut memiliki data yang berhubungan di dunia nyata untuk mengatur operasi suatu database. Pada sebuah database, relasi dihubungkan dengan cara memberikan satu kolom dengan value yang sama dengan tabel yang berhubungan, ini disebut foreign key. Foreign key sendiri merupakan sebuah kolom yang hanya bisa menyimpan data yang sama dengan primary key yang berhubungan dengan tabel tersebut. Artinya foreign key hanya bisa diisi dengan data yang sudah ada pada primary key.

Relasi mencakup tiga macam. Yaitu :

1. Relasi One To One

Relasi one to one adalah relasi dimana setiap satu baris data pada tabel satu hanya berhubungan dengan satu baris data di tabel dua. Artinya masing - masing hanya memiliki satu hubungan saja. Biasanya relasi seperti ini digunakan pada relasi pengguna dan userlogin. Dimana satu pengguna hanya memiliki satu akun untuk login. dan satu akun login hanya dimiliki oleh pengguna.

contoh relasi one to one

Pada gambar diatas adalah contoh relasi one to one. Dimana relasi tersebut terdapat pada tabel pengguna dan tabel login_pengguna. Dimana pengguna hanya memiliki satu akun login_pengguna. Dan satu akun login hanya untuk satu pengguna saja. Pada relasi tersebut, terdapat primary key id_pengguna pada tabel pengguna yang berelasi dengan id_pengguna.

Pada tabel login_pengguna, id_pengguna adalah primary key sekaligus foreign key dari tabel pengguna. Hal itu karena primary key merupakan kolom spesial dimana tiap baris memiliki isi dari primary key yang berbeda - beda. Sedangkan foreign key merupakan penghubung antara tabel satu dan tabel dua. Dan foreign key harus sama isinya dengan primary key dari tabel pengguna.  Dengan kata lain, id_pengguna dari tabel login pengguna harus sama isinya dengan id_pengguna dari tabel pengguna dan id_pengguna pada login_pengguna tidak bisa menyimpan data yang sama lebih dari satu kali.

Untuk kasus one to one sendiri, sebenarnya kita hanya perlu menentukan tabel lemah. Dimana tabel lemah tersebut tidak berpengaruh pada tabel kuat. Sementara tabel lemah sangat berpengaruh pada tabel kuat. Seperti contoh dari relasi diatas. tabel pengguna adalah tabel kuat. Karena untuk mengisi tabel login_pengguna harus menjadi pengguna terlebih dahulu. Sementara tabel login pengguna adalah tabel lemah, karena jika data yang berelasi dari tabel tersebut dihapus atau tidak ada, namun di tabel pengguna ada. Maka artinya dia adalah pengguna yang belum memiliki akun untuk login saja.

Dalam kasus lain, kita sebut saja karyawan dan rekening. Setiap karyawan pasti memiliki rekening satu dan satu rekening hanya dimiliki karyawan. Jika dia bukan karyawan, maka dia tidak punya rekening. Namun jika dia karyawan dan tidak ada rekening, artinya dia termasuk karyawan yang belum mempunyai rekening. Tentu saja kasus ini terlepas dari semua orang bisa menjadi rekening tanpa menjadi karyawan.


2. Relasi One To Many

Relasi one to many adalah relasi yang mana setiap baris dari tabel pertama dapat dihubungkan dengan satu baris ataupun lebih dari tabel kedua. Artinya satu baris dari tabel pertama dapat mencangkup banyak data pada tabel kedua. Disini saya contohkan seperti dosen dan mata kuliah. Kita tahu bahwa dosen bisa memiliki banyak mata kuliah yang dia ampu. Namun satu mata kuliah hanya bisa diampu oleh satu dosen saja.

Contoh relasi one to many

Pada gambar diatas, kita bisa lihat bahwa pada tabel dosen memiliki primary key id_dosen yang mana primary key tersebut sebagai pembeda antara baris satu dengan baris lain. Sedangkan pada tabel matkul terdapat satu primary key yaitu id_matkul dan terdapat foreign key id_dosen dari tabel dosen. Karen foreign key pada tabel matkul bukanlah primary key, artinya kita bisa menambah data yang sama dari foreign key tersebut asalkan data tersebut sama dengan data dari tabel dosen.

Pada kasus one to many ini. Kita perlu untuk memberikan akses pada satu tabel kuat dimata satu tabel tersebut haruslah terisi terlebih dahulu agar data pada tabel kedua bisa menyesuaikan data dari tabel pertama. Contohnya relasi tabel diatas. Jika tidak ada dosen, maka tidak ada matkul yang diampu. Sedangkan jika matkul tidak ada, dosen bisa mengampu mata kuliah yang lain.

Dalam kasus lain, Mahasiswa dan kelas. Setiap satu kelas bisa diisi oleh banyak mahasiswa, namun setiap mahasiswa hanya memiliki satu kelas. Disini bisa kita ambil kesimpulan jika mahasiswa tidak ada, maka dia tidak ada di kelas itu dan mahasiswa lain yang terdapat pada kelas tersebut. namun jika kelas tidak ada, maka mahasiswa tidak ada yang berada di kelas tersebut karena kelas tersebut tidak ada.


3. Relasi Many To Many

Relasi many to many adalah keadaan dimana satu baris dari tabel satu dapat berhubungan dengan tabel kedua. Dan satu baris dari tabel kedua dapat berhubungan dengan banyak baris dari tabel pertama. Artinya kedua tabel masing - masing dapat mengakses banyak data dari tiap tabel yang lain. Dalam hal ini, kita membutuhkan tabel ketiga sebagai perantara tabel satu dan tabel dua sebagai tempat untuk menyimpan foreign key dari masing - masing tabel. Disini saya memberikan contoh barang dan penjualan. Tentu saja setiap satu jenis barang bisa dijual berkali - kali. Dan satu penjualan bisa mencangkup banyak barang.

Contoh relasi many to many

Pada gambar diatas, terdapat tiga tabel. Yaitu tabel penjualan, barang, dan detail_penjualan. Barang dan penjualan adalah dua tabel yang berelasi many to many. Akhirnya menghasilkan satu tabel yaitu tabel detail_penjualan. Pada tabel detail_penjualan, terdapat foreign key dari tabel penjualan dan tabel barang namu tidak terdapat primary key karena pada tabel ini tidak dibutuhkan primary key. Sehingga data yang terdapat pada tabel detail_penjualan ini sangat bergantung pada tabel barang dan penjualan.

Untuk kasis many to many, kita membutuhkan tabel ketiga sebagai tempat penyimpanan foreign key karena foreign key tersebut bisa menyimpan data yang sama berkali - kali. Artinya pada tabel detail penjualan dapat menyimpan id_penjualan yang sama berkali - kali dan id_barang yang sama berkali - kali juga. Dengan begitu kedua relasi tersebut bisa berhubungan berkali - kali tanpa perlu repot - repot.

Pada kasus lain, yaitu perpustakaan. Terdapat pengunjung yang dapat meminjam banyak jenis buku. Sedangkan buku dapat dipinjam oleh banyak pengunjung. Artinya harus ada satu tabel baru yaitu tabel peminjaman yang mana tabel tersebut menyimpan data buku dan pengunjung yang saling behubungan.

Dari kasus diatas dapat diambil kesimpulan bahwa relasi many to many dapat terjadi ketika data yang berhubungan adalah data subjek dan objek. Dimana subjeknya adalah manusia, objeknya adalah barang atau tempat atau benda mati lainnya dengan syarat objek tersebut tersedia lebih dari satu buah. Jika kita belajar bahasa indonesia, ketika ada subjek dan objek, untuk menggabungkan keduanya membutuhkan predikat. Hehe...


Penutup

Penjelasan diatas memberikan gambaran umum pada sebuah kasus beserta contoh dari relasi database tersebut menggunakan gambar. Tentu saja penjelasan tersebut tersedia dari berbagai sumber yang saya tambahkan dengan pendapat saya untuk memperkuat penjelasan tersebut. Selain itu terdapat contoh yang saya gunakan untuk memberikan pemahaman yang lebih.

Meski demikian, contoh kasus diatas hanyalah gambaran umum. Tidak semua seperti itu. Contohnya penjualan. Mungkit terdapat satu atau beberapa toko yang hanya menjual satu barang kepada pembelinya sehingga relasinya bukan many to many lagi. Melainkan one to one. Semua tergantung pada objeknya saja bagaimana mereka menerapkan sistem dengan prosedur tertentu.

Demikian artikel ini sampai disini. Apabila ada kekurangan saya mohon maaf sebesar - besarnya. Terimakasih telah berkunjung. Silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar untuk saling berdiskusi satu sama lain. Assalamu'alaikum wr.wb.


3 comments for "Database - Penjelasan Tentang Relasi Antar Tabel"

  1. Artikel yang sangat lengkap. Penjelasan tentang Relasi antar Tabelnya sangat lengkap, mulai dari One to One, One to Many sampai Many - to Many, semua sangat lengkap dan sangat bermanfaat bagi saya.


    Jangan lupa kunjungi blog sederhana saya di
    www.ahmadsi2b.blogspot.com

    dan kunjungi pula
    www.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete
  2. Database - Penjelasan Tentang Relasi Antar Tabel >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Database - Penjelasan Tentang Relasi Antar Tabel >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Database - Penjelasan Tentang Relasi Antar Tabel >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    ReplyDelete