Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

C++ - Mengatur Letak Output Menggunakan Fungsi Gotoxy

C++ - Mengatur Letak Output Menggunakan Fungsi Gotoxy


Assalamu'alaikum wr.wb.
Pada kesempatan ini, saya akan membahas tentang fungsi gotoxy yang berguna untuk menentukan letak output berdasarkan jumlah baris dan kolom di c++. fungsi ini sangat berguna bagi anda yang sedang membuat program namun membutuhkan fungsi untuk menentukan letak output yang mana letak tersebut harus diatur sedemikian rupa agar memberikan tampilan yang lebih menarik. Dengan gotoxy inilah anda dapat melakukannya.

Karena fungsi gotoxy ini merupakan fungsi yang digunakan untuk mengatur tata letak output sebuah program, tentu saja ini sangat berguna bagi anda yang membuat program struct data pembayaran. gotoxy sudah saya gunakan pada program potong rambut sederhana yang sudah saya buat sejak lama. Yang kemudian saya bagi beberapa masalahnya di program login c++ yang membahas tentang contoh program login dengan dan tanpa array, lalu saya buat lagi penjelasan array berfungsi sebagai database  yang saya buat dengan penjelasan array yang memiliki relasi seperti RDBMS. Tidak hanya itu, saya pun sudah memberikan cara untuk menampilkan tabel menggunakan C++ yang mana output dari array saya buat untuk tampil seperti tabel. Contoh program pada artikel tersebut saya buat menggunakan gotoxy.



Baca Juga



Gotoxy adalah perintah dalam C++ dan fungsinya adalah untuk menentukan letak output. Dengan perintah tersebut, kita bisa menggunakannya untuk keperluan tampilan semata. Gotoxy sangat dimudahkan dengan adanya perulangan karena kita tidak perlu mengetik perintah gotoxy secara berurutan. Cukup dengan perulangan for ataupun while.

Saat ini, gotoxy adalah fungsi dari library conio yang umumnya adalah milik turbo c++, sehingga gotoxy bisa digunakan oleh aplikasi buatan turbo C++ seperti borland C++. gotoxy di borland C++ sudah disediakan otomatis sehingga kita hanya perlu memanggil gotoxy pada borland C++ dan hanya tinggal menentukan x dan y yang dibutuhkan sesuai keinginan saja.

Namun saat ini gotoxy tidaklah tersedia pada DEV ++ dan MinGW. Karena itu gotoxy di Dev++ maupun MinGW harus diketik secara manual. Meskipun demikian, gotoxy merupakan script yang diminati oleh sebagian besar programmer, sehingga banyak programmer yang memberikan script gotoxy menggunakan bahasa pemrograman C++ ini.

Program gotoxy pada C++ tidak perlu di utak atik lagi. Karena program tersebut sudah dibuat menggunakan fungsi di header windows.h dan sudah dikombinasikan sedemikian rupa sehingga terbentuklah gotoxy. Berikut ini merupakan script gotoxy c++ :

header yang dibutuhkan

#include <iostream>
#include <windows.h>

using namespace std;


void gotoxy(int x, int y)
{
    HANDLE hConsoleOutput;
    COORD dwCursorPosition;
    cout.flush();
    dwCursorPosition.X = x;
    dwCursorPosition.Y = y;
    hConsoleOutput = GetStdHandle(STD_OUTPUT_HANDLE);
    SetConsoleCursorPosition(hConsoleOutput,dwCursorPosition);
}

Program diatas adalah program gotoxy c++ yang sudah dibuat oleh programmer yang entah siapa namanya. Namun program diatas menggunakan script - script dari header windows yang akhirnya terbentuklah sebuah fungsi gotoxy yang fungsinya pun sama dengan gotoxy milik turbo C++.

Untuk membuatnya, kita gunakan header yang diperlukan (iostream, windows) agar tidak terjadi error. iostream sendiri merupakan header yang wajib dipanggil. Karena script seperti cout, cin dll merupakan perintah dari header iostream. Berikut ini adalah contoh pemanggilan gotoxy :

#include <iostream>
#include <windows.h>

using namespace std;

//fungsi gotoxy
void gotoxy(int x, int y)
{
    HANDLE hConsoleOutput;
    COORD dwCursorPosition;
    cout.flush();
    dwCursorPosition.X = x;
    dwCursorPosition.Y = y;
    hConsoleOutput = GetStdHandle(STD_OUTPUT_HANDLE);
    SetConsoleCursorPosition(hConsoleOutput,dwCursorPosition);
}

int main(){
 //isi program disini
}

Program diatas adalah susunan program yang telah saya buat. Yang perlu kita lakukan adalah hanya mengedit fungsi main saja, yaitu yang terdapat tulisan "isi program disini". Pada posisi itulah kita menambahkan program yang akan saya berikan. Masukkan program dibawah ini pada main()

int baris, kolom;
cout<<"Baris(x) : "; cin>>baris;
cout<<"Kolom(y) : "; cin>>kolom;
gotoxy(baris,kolom); cout<<"Baris ke-"<<baris<<" dan Kolom ke-"<<kolom;

Lalu run dan lihat hasilnya :

Contoh program sederhana untuk memanggil gotoxy

Kita bisa lihat bahwa gotoxy menentukan letak tergantung pada jumlah baris dan kolom yang ditentukan. Artinya semakin besar baris yang diberikan, maka semakin ke kanan output tersebut. Sedangkan semakin besar kolom yang diberikan, maka semakin kebawah pula output tersebut.

Jika anda masih bingung dengan penjelasan saya, bisa anda gunakan program dibawah ini, disini saya membuat dengan memberikan tanda perjalanan dari 0 sampai ke letak output yang diinginkan. Berikut ini merupakan contoh program gotoxy:

int baris, kolom;
cout<<"Baris(x) : "; cin>>baris;
cout<<"Kolom(y) : "; cin>>kolom;
system("cls");
for(int j=0; j<kolom; j++){
 gotoxy(baris,j);cout<<j;
}
for(int i=0; i<baris; i++){
 gotoxy(i, kolom);cout<<i;
}
gotoxy(baris,kolom);cout<<"**Letak Output**";
cout<<"\nBaris : "<<baris<<endl;
cout<<"Kolom : "<<kolom;

Lalu Run dan lihat hasilnya :

Penjelasan tentang gotoxy

Dari program diatas, bisa kita lihat bahwa gotoxy dapat digunakan untuk menentukan letak berdasarkan baris dan kolom dimana jika kolom yang kita tentukan adalah angka 10, maka sama saja kita enter 10 kali dan disitulah letak kolom dari output yang diinginkan. Sementara jika kita buat spasi sebanyak 10x itu sama dengan jumlah baris 10.


Penutup

Dengan gotoxy, kita dapat membuat tampilan lebih baik. Karena itu gotoxy sangat diperlukan bagi programmer c++. Itulah sebab saya memposting artikel ini dengan tujuan pembaca mampu memahami gotoxy.

Demikian tutorial yang dapat saya berikan. Apabila ada kekurangan, saya mohon maaf. Terimakasih telah berkunjung. Silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar. Assalamu'alaikum wr.wb


1 comment for "C++ - Mengatur Letak Output Menggunakan Fungsi Gotoxy"

  1. C++ - Mengatur Letak Output Menggunakan Fungsi Gotoxy >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    C++ - Mengatur Letak Output Menggunakan Fungsi Gotoxy >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    C++ - Mengatur Letak Output Menggunakan Fungsi Gotoxy >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    ReplyDelete