Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara membuat database dan relasi dengan MySQL




Assalamu'alaikum wr.wb
Pada Postingan sebelumnya saya telah membahas mengenai definisi MySQL, kali ini saya akan memberikan tutorial program tentang cara membuat database dengan MySQL. Cara ini tergolong mudah, karena dengan MySQL, kita sudah tidak perlu repot - repot membuat database dengan script SQL lagi. Saat ini MySQL sendiri sudah memberikan kemudahan dalam pembuatan database, tabel, dan stored procedure/function. Untuk membuat database dengan MySQL, kita cukup mengikuti langkah-langkah yang sudah disediakan oleh MySQL, dan langkah-langkah tersebut tergolong mudah. karena pihak oracle sendiri sudah membuat menu yang familiar bagi penggunanya.

Jika dibandingkan dengan database SQL Server, MySql memiliki kelebihan dalam kecepatan yang signifikan. hanya saja jika data di database MySQL sendiri sudah cukup banyak, maka akan terasa melambat. Meski demikian MySQL dapat digunakan secara gratis. Dengan kelebihan yang luar biasa, MySQL adalah database pilihan yang paling cocok untuk perusahaan menengah kebawah. Tidak heran jika dari sumber db_enggines.com  (Terhitung tanggal 23 November 2017),  Database MySQL adalah database no.2 yang paling banyak digunakan oleh developer, dengan score 1322,03. Hanya terpaut 38,02 dari Oracle yang bertengger di urutan pertama dengan score 1360,05 point. Dan terpaut 106,95 point dari SQL Server yang berada di urutan ke 3 dengan score 1215,08.

Melihat Ranking MySQL yang menakjubkan, tentunya akan sangat berguna bagi programmer maupun database manajemen untuk mempelajari MySQL. Mengingat jumlah perusahaan di Indonesia yang mayoritas menengah kebawah, ditambah program-program yang mendukung MySQL seperti java dan php adalah bahasa pemrograman terpopuler, ditambah perusahaan-perusahaan saat ini lebih banyak yang menggunakan MySQL. Maka akan sangat menguntungkan bagi orang-orang yang menguasai MySQL.

Membuat relasi antar tabel pada database MySQL juga akan saya tunjukkan caranya. Ketika membuat relasi tersebut, kita harus menentukan foreign key pada tabel yang diperlukan. agar tabel pada database tersebut dapat terhubung melalui relasi database yang kita buat di MySQL. Jadi akan sangat membantu apabila pembaca memahami tentang relasi one to one, one to many, many to many, karena hal tersebut adalah dasar dari pembuatan relasi antar tabel. Apabila pembaca sudah memahami hal tersebut, maka kita hanya perlu mempelajari tentang Cara membuat tabel di MySQL saja. Sehingga kita bisa mempersingkat waktu untuk belajar. Meski demikian tidak perlu khawatir karena sebenarnya ini tidaklah sulit.

Saat ini cara yang saya gunakan adalah cara untuk relasi tabel dengan phpMyAdmin. Dimana kita membuat relasi tersebut dari tabel satu ke tabel lainnya dengan menggunakan phpMyAdmin.




Baca Juga


Untuk memulai belajar Membuat database dengan MySQL, kita haruslah memiliki sebuah software. Software yang mendukung MySQL. Nama software tersebut adalah XAMPP. XAMPP merupakan singkatan dari X(4 Sistem Operasi Apapun), Apache, MySQL, PHP, Perl yang berfungsi sebagai server sendiri (localhost). Dengan aplikasi tersebut, kita dapat membuat database dengan MySQL melalui cmd maupun melalui browser(localhost). namun yang akan saya contohkan adalah yang melalui localhost.

berikut merupakan langkah - langkah untuk membuat database

1. Pada menu sebelah kiri di menu utama, pilih PHPMyAdmin

dashboard XAMPP


2. Setelah itu akan tampil seperti tampilan di bawah ini. pilihlai new di menu sebelah kiri

pilih new database


3. Silahkan buat nama database seperti keinginan, disini saya membuat database dengan nama db_perkuliahan. lalu klik save


membuat nama database


4. Lalu akan muncul tampilan seperti dibawah ini, artinya kita perlu untuk membuat tabel. buatlah nama tabel beserta kolom yang diinginkan. disini saya membuat tabel dengan nama tb_mahasiswa, 4 kolom

membuat nama tabel


5. Setelah tabel berhasil dibuat, sekarang tinggal buat kolom beserta tipe data yang diperlukan. lalu klik save jika sudah selesai.

membuat kolom pada tabel

6. Selanjutnya akan muncul daftar tabel yang sudah dibuat. Jika ingin menambahkan jolom, tepat dibawah table terdapat pilihan untuk menambah kolom beserta jumlah dan letaknya. setelah selesai, pilih go. dan akan muncul tampilan dibawah ini. silahkan isi nama kolom yang ingin ditambahkan beserta tipe data

cara menambah kolom di tabel


7. Setelah selesai, klik save, dan lihat hasilnya

Daftar table di database mysql


Begitulah cara-cara membuat table. Selanjutnya, silahkan tambahkan table dosen dan kelas dengan kolom sebagai berikut :

tb_mahasiswa
id_mahasiswa integer(auto increment) primary key,
nama_mahasiswa varchar(50),
alamat TEXT,
jkel varchar (10),
id_kelas integer


tb_dosen
id_dosen integer(auto increment) primary key,
nama_dosen varchar(50),
alamat TEXT,
jkel varchar(10),

tb_kelas
id_kelas integer (auto increment) primary key,
nama_kelas varchar(10),
id_dosen integer

Keterangan : Untuk auto increment, silahkan centak pada kolom AI.


Berikut adalah cara untuk membuat relasi pada database

1. Pilih tb_mahasiswa pada tabel yang ada. cukup klik pada nama table saja.


cara membuat relasi di mysql


2. Lalu scrol hingga paling bawah, disitu terdapat tulisan +indexer, klik tautan tersebut. maka akan muncul popup seperti dibawah ini. 

cara membuat indexer di mysql


3. pilih id_kelas di collumn, lalu click go. dan buatlah persis seperti gambar dibawah ini.

Cara membuat relasi dengan indexer di mysql


4. Klik save, lakukan hal tersebut pada tb_kelas dengan relasi tb_dosen.id dosen dan tb_kelas.id_dosen.

cara membuat relasi bersyrarat di mysql


5. jika sudah selesai, pada menu sebelah kiri, klik nama table, dan pilih more->designer. maka akan muncul hasil relasi seperti gambar dibawah ini.

tampilan relasi database

Jika tampilan relasi sudah seperti diatas, maka selamat. anda sudah berhasil membuat database dengan MySQL, apabila belum, silahkan ulangi langkah-langkah yang sudah  saya buat diatas.

Demikianlah tutorial membuat database dengan MySQL yang saya posting hari ini. semoga artikel ini dapat menambah wawasan pembaca. Assalamu'alaikum wr.wb

Materi Selanjutnya : CRUD(Create, Read, Update, Delete) pada MySQL

Post a Comment for "Cara membuat database dan relasi dengan MySQL"