Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Python Shell, IDLE Untuk Belajar Pemrograman Python Bagi Pemula


Assalamu'alaikum wr.wb.
Pada kali ini saya akan memperkenalkan aplikasi desktop yang bernama "Python Shell". Python Shell merupakan aplikasi IDLE sebagai Compiller untuk bahasa pemrograman Python. Software ini cenderung ringan. Dengan menggunakan IDLE Python Shell, kita bisa membuat program dasar untuk belajar bahasa Python. Mungkin memang tujuan si pembuat adalah untuk menjadikan IDLE ini sebagai awal untuk memahami dasar bahasa pemrograman Python.

Cara menggunakan python di windows adalah dengan menggunakan IDLE Python Shell, dengan cara ini, kita bisa dengan leluasa bermain - main dengan program python untuk menggunakannya sebagai bahan pembelajaran dasar pemrograman python di Windows.

Jika yang dimaksud adalah yang demikian. Maka saya pun sangat setuju, karena untuk mempelajari bahasa pemrograman, kita juga harus tahu syntaxnya terlebih dahulu. Apalagi untuk struktur kendali seperti percabangan dan perulangan. Tentu saya sangat merekomendasikan IDLE Python Power Shell sebagai IDLE pertama untuk mempelajari Python sebelum masuk ke IDE.

Sebenarnya bisa jika ingin langsung mempelajari Python lewat IDE seperti WingIDE. Akan tetapi hal itu bisa dilakukan apabila sudah menguasai struktur kendali ataupun sudah menguasai bahasa pemrograman lain. Kalau saya sendiri, memang sudah menguasai beberapa bahasa pemrograman seperti C#, C++, Java, Visual Basic, dan PHP. Mengingat Python adalah bahasa yang sedikit berbeda, saya lebih memilih untuk mempelajarinya dari awal.

Oke kembali ke topik. Python Shell sangat berguna bagi programmer pemula, karena itu, saya membuat judul seperti diatas. Jadi tidak ada unsur penipuan disini. hehe....



Baca Juga


Saya memang baru saja menggunakan IDLE ini, namun karena hanya sedikit fitur yang ada, maka saya dapat mereview ini. tentu tidak secara menyeluruh. Saya akan memberikan sedikit informasi penting yang kira-kira perlu digunakan untuk belajar pemrograman saja. Apabila diantara pembaca menemukan hal baru dari IDLE ini yang tidak ditunjukkan pada artikel ini, silahkan untuk berkomentar.

berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan dari IDLE Python Shell.


1. Kelebihan

  • Disediakan secara gratis.
  • Mendukung OS Windows.
  • Mudah digunakan, sehingga tidak membuat bingung pengguna yang baru pertama kali menggunakannya.
  • Menyediakan Text Editor dan Debugger yang mendukung bahasa Python
  • Text Editor memberikan warna pada Syntax Python, sehingga mudah untuk mencari letak kesalahan


2. Kekurangan

  • Hanya tersedia untuk 32 bit. Meski demikian masih bisa dipakai untuk 64 bit
  • Hanya mendukung bahasa Python.
  • Kurangnya framework, sehingga akan sulit jika membuat aplikasi menggunakan IDLE ini.
  • Tidak menyediakan auto correction. 

Melihat Kelebihan dan kekurangan diatas, IDLE Python Shell merupakan aplikasi sederhana yang memang sangat berguna untuk mempelajari bahasa pemrograman Python dari awal. Saya rasa dengan kelebihan yang ada, itu sudah sangat cukup untuk kita menginstal aplikasi ini di PC kita masing-masing.

Berikut ini merupakan tampilan dari IDLE Python Shell

1. Compiller

    Tampilan compiller

    Pada awal kita membuka IDLE ini, kita akan mendapati tampilan seperti diatas. Itu adala Compiller, bukan text Editor. Awalnya pun saya bingung dengan tampilan awal yang seperti ini. tapi setelah saya otak atik, ternyata ini hanyalah compiller, jadi program yang kita buat di Text Editor, nantinya jika kita run, akan muncul outputnya disini.

    Disini saya menggunakan IDLE Python Shell versi 3.6.3. Karena itu tulisan yang paling awal di IDLE adalah Pithon 3.6.3. Untuk tulisan setelah tanda "====" itu merupakan directory dari file yang di compile.

2. Text Editor

    tampilan text editor

    Pada bagian inilah kita mulai mengetikkan perintah dalam bentuk script bahasa python. Untuk membuka Text Editor, pada Compiller, kita pilih file>new. lalu akan muncul tampilan seperti diatas. 
    Untuk cara running python di windows, kita hanya perlu ke menu run > Python Shell. dengan cara itu, kita dapat merunning bahasa pemrograman Python di windows. 

Sebenarnya aplikasi ini memang sangat sederhana. beberapa menu yang ada sangat mirip dengan menu di windows pada umumnya. Karena itu saya tidak memberikan penjelasan mengenai fitur yang ada. Cukup mencobanya saja saya rasa pengguna awal pun langsung mengerti. Disini yang saya jelasjan hanya beberapa saja yang sekiranya membuat bingung pengguna awal.

Apabila anda mulai berminat, anda bisa download Python Shell disini.

demikianlah pembahasan mengenai IDLE Python Shell yang saya berikan. apabila ada kekurangan dan kelebihan, saya mohon maaf. Assalamu'alaikum wr.wb.



1 comment for "Python Shell, IDLE Untuk Belajar Pemrograman Python Bagi Pemula"