Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pegenalan C++ mengenai tipe data, variabel dan konstanta


selamat datang di blog Tutor-All programming. pada post kali ini akan memposting sodikit ilmu saya tentang pemrograman. alasan saya memilih bahasa C++ adalah karena saat ini C++ mudah dipelajari untuk pemula, untuk pemahaman tentang C++ kalian bisa mendapat penjelasannya disini

Pengertian C++ adalah Bahasa pemrograman komputer yang dibuat oleh Bjarne Stroustrup. Yang merupakan perkembangan dari bahasa C, yang dikembangkan oleh Bong Labs(Dennis Ritche) pada awal 1970-an. Dari pengertian itu, C++ memang memiliki sejarah yang panjang dan lebar untuk dijelaskan. maka dari itu saya hanya menjelaskan sedikit saja.

Bahasa C++ juga memiliki fungsi yang tidak kalah dengan bahasa lain, fungsinya adalah meningkatkan produktivitas pemragraman dalam membuat aplikasi. seperti yang kita ketahui, c++ adalah bahasa pemrograman yang lebih mengutamakan logika. Jadi dengan hal tersebut, para programmer mampu untuk membuat aplikasi secara bebas. terlebih lagi tampilan umum C++ merupakan tampilan cmd. Selain ringan, C++ juga cocok untuk pembuatan aplikasi yang bertujuan kerja cepat. karena tidak perlu menggunakan cursor untuk mengklik tombol yang hanya membuang-buang waktu.

Kegunaan C++ pada umumnya memberikan perintah pada komputer dengan script-script yang sudah ditentukan. Selain itu juga C++ digunakan oleh programmer pemula untuk berlatih logika program. Tidak heran jika setiap kampus menjadikan C++ sebagai mata kuliah pemrograman awal. dengan kegunaan tersebut. C++ sangatlah penting dikuasai oleh programmer. Meski saat ini C++ diremehkan, namun sebenarnya C++ adalah bahasa pemrograman yang bisa membuat aplikasi canggih, seperti google earth, skype, bahkan facebook pun memasukkan program C++ ke webnya.

Postingan ini merupakan awal Belajar Bahasa C++ untuk pemula. Karena sebelum kita belajar mengenai bahasa C++, kita harus memahami dulu penjelasannya agar tidak bingung dan tidak merasa canggung tentang bahasa C++ ini. Terutama untuk pemula yang ingin memulai belajar Bahasa C++ ini. Saya pun awalnya merasa bingung, jika sudah menguasai bahasa pemrograman, lalu apa lagi? apa juga fungsi dari bahasa pemrograman tersebut? oleh karena itu sangat penting untuk memahami teori-teori terlebih dahulu.



langsung saja kita mulai belajar C++



1. Tipe data

tipe data adalah media atau memori pada komputer yang digunakan untuk menampung. berikut ini adalah tipe - tipe data


Tipe Data
Keterangan
Ukuran
Jangkauan
Char
Untuk menyimpan karakte
1 byte
signed: -128 to 127
unsigned: 0 to 255
Wchar_t
Untuk menyimpan karakter lebar biasanya untuk unicode
2 byte
1 karakter lebar
Short int (short)
Untuk menyimpan bilangan bulat dengan jangkauan pendek
2 byte
signed: -32768 to 32767
unsigned: 0 to 65535
Int
Untuk menyimpan bilangan bulat dengan jangkauan menengah
4 byte
signed: -2147483648 to 2147483647
unsigned: 0 to 4294967295
Long int (long)
Untuk menyimpan bilangan bulat dengan jangkauan panjang
4 byte
signed: -2147483648 to 2147483647
unsigned: 0 to 4294967295
Float
Untuk menyimpan bilangan cacah
4 byte
3.4e +- 38 (7 digit)
Double
Untuk menyimpan bilangan cacah dengan ketelitian ganda
8 byte
1.7e +- 308 (15 digits)
Long double
Untuk menyimpan bilangan cacah dengan ketelitian ganda lebih detail (panjang)
8 byte
1.7e +- 308 (15 digits)
Bool
Untuk pernyataan true or false
I byte
True or false



2. Variabel

Variabel adalah wadah yang digunakan untuk menampung nilai dan informasi. nailai variabel dapat berubad-ubah ketika program dijalankan. jadi variabel bisa disebut juga memori untuk menyimpan informasi dan nilai teltentu baik tetap maupun berubad-ubah

Pendeklarasian Variabel
nilai pada suatu variabel bergaung pada tipe data yang digunakan. jika kita mau menyimpan nilai dalam bentuk String kita bisa gunakan tipe data char, String, dll. namun jika kita ingin menambahkan nilai angka kita bisa gunakan tipe data integer, double. dll. berikut contohnya.


keterangan :
int adalah pendeklarasian dari tipe data integer. angka adalah nama variabel
char adalah pendeklarasian dari char. huruf adalah nama variabel


3. Konstanta

Konstanta adalah identitas memori untuk menampung nilai atau informasi yang bersifat tetap dan tidak dapat diubah-ubah. berikut adalah contohnya


keterangan:
5 merupakan peendeklarasian dari angka
"selamat datang di Tutor-All programing" merupakan pendeklarasian dari huruf
cout merupakan output yang akan dikeluarkan ketika program dijalankan
endl merupakan kode untuk membuat line baru

dibawah ini adalah  contoh lengkap program




demikian ilmu yang dapat saya sampaikan, meskipun sedikit, semoga bermanfaat. terimakasih

Post a Comment for "Pegenalan C++ mengenai tipe data, variabel dan konstanta"