Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penjelasan Tentang OOP(Object Oriented Programming) Patern DAO dengan Bahasa Pemrograman C#



kali ini saya akan memposting tentang OOP(Object Oriented Programming) atau dalam bahasa indonesianya Pemrograman Berorientasi Pada Object. Dalam dunia pemrograman, OOP adalah standar dalam pembuatan program. Jadi para programmer diharuskan untuk menguasai OOP. Dan kali ini saya akan membahas mengenai OOP dengan Patern DAO
 
     I.        OOP(Object Oriented Programming)
A.   Pengertian OOP
OOP adalah Pemrograman yang berorientasi pada object. Yang mana object tersebut merupakan Class-Class yang dipanggil dalam sebuah Class yang lain. yang mana object tersebut berisi fungsi-fungsi yang dibutuhkan dalam Class tersebut. 

Jadi OOP sendiri bisa diibaratkan dalam pertandingan sepak bola yang saling memberi umpan kepada tiap rekannya menuju ke pertahanan lawan hingga mencetak gol.... J

B.   Tujuan OOP
Tujuan OOP sendiri adalah mempermudah pengembangan program dengan cara mengikuti model  yang telah ada di kehidupan sehari-hari. Maksudnya adalah jika program dibuat dengan methode OOP, maka apabila ada perubahan yang terjadi, kita hanya perlu mengubahnya dengan mengurutkan susunan OOP tersebut, dengan begitu. maka program dapat dengan mudah dipahami dan tidak perlu adanya script yang berulang-ulang


C.     Konsep OOP
Dalam bahasa pemrograman, OOP memiliki konsep sebagai berikut :
1. Kelas Abstrak (Class Abstraksi)
§  Kelas merupakan deskripsi abstrak informasi dan tingkah laku dari sekumpulan data.
§  Kelas dapat diilustrasikan sebagai suatu cetak biru(blueprint) atau prototipe yang digunakan untuk menciptakan objek.
§  Kelas merupakan tipe data bagi objek yang mengenkapsulasi data dan operasi pada data dalam suatu unit tunggal.
§  Kelas mendefinisikan suatu struktur yang terdiri atas data kelas (data field), prosedur atau fungsi (method), dan sifat kelas (property).
2. Enkapsulasi (encapsulation)
§  Istilah enkapsulasi sebenarnya adalah kombinasi data dan fungsionalitas dalam sebuah unit tunggal sebagai bentuk untuk menyembunyikan detail informasi.
§  Proses enkapsulasi memudahkan kita untuk menggunakan sebuah objek dari suatu kelas karena kita tidak perlu mengetahui segala hal secara rinci.
§  Enkapsulasi menekankan pada antarmuka suatu kelas, atau dengan kata lain bagaimana menggunakan objek kelas tertentu.
§  Contoh: kelas mobil menyediakan antarmuka fungsi untuk menjalankan mobil tersebut, tanpa kita perlu tahu komposisi bahan bakar, udara dan kalor yang diperlukan untuk proses tersebut.
3. Pewarisan (Inheritance)
§  Kita dapat mendefinisikan suatu kelas baru dengan mewarisi sifat dari kelas lain yang sudah ada.
§  Penurunan sifat ini bisa dilakukan secara bertingkattingkat, sehingga semakin ke bawah kelas tersebut menjadi semakin spesifik.
§  Sub kelas memungkinkan kita untuk melakukan spesifikasi detail dan perilaku khusus dari kelas supernya.
§  Dengan konsep pewarisan, seorang programmer dapat menggunakan kode yang telah ditulisnya pada kelas super berulang kali pada kelas-kelas turunannya tanpa harus menulis ulang semua kodekode itu.
4. Polimorfisme (polymorphism)
§  Polimorfisme merupakan kemampuan objekobjek yang berbeda kelas namun terkait dalam pewarisan untuk merespon secara berbeda terhadap suatu pesan yang sama.
§  Polimorfisme juga dapat dikatakan kemampuan sebuah objek untuk memutuskan method mana yang akan diterapkan padanya, tergantung letak objek tersebut pada jenjang pewarisan.
§  Method overriding.
§  Method name overloading.


D.    Karakteristik OOP (Object Oriented Programming) 
§  Semua adalah objek.
§  Komputasi dilakukan dengan komunikasi antar objek. Setiap objek berkomunikasi dengan objek yang lain melalui pengiriman dan penerimaan pesan.
§  Sebuah pesan merupakan permintaan atas sekumpulan aksi dengan semua argumen yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu tugas tertentu.
§  Setiap objek memiliki memori sendiri, yang dapat terdiri dari objek-objek lainnya.
§  Setiap objek adalah wakil atau representasi dari suatu kelas. Sebuah kelas dapat mewakili sekelompok objek yang sama.
§  Kelas merupakan kumpulan tingkah laku yang berkaitan dengan suatu objek. Jadi, semua objek yang merupakan wakil dari kelas yang sama dapat melakukan aksi yang sama pula.
§  Kelas-kelas diorganisasikan ke dalam struktur pohon yang berakar tunggal, yang dinamakan dengan jenjang pewarisan (inheritance hierarchy).
§  Setiap objek pada umumnya memiliki tiga sifat, yaitu keadaan, operasi dan identitas objek.
§  Operasi merupakan tindakan yang dapat dilakukan oleh sebuah objek.
§  Keadaan objek merupakan koleksi dari seluruh informasi yang dimiliki oleh objek pada suatu saat.
§  Informasi yang terkandung pada objek tersebut pada akhirnya memberikan identitas khusus yang membedakan suatu objek dengan objek lainnya.


   II.        DAO(Data Acces Object)
Mungkin sudah cukup penjelasan tentang OOP ditas. Sekarang saya akan menjelaskan tentang DAO. Saya mendapatkan materi DAO dari kampus dengan bahasa pemrograman Java. Namun kali ini saya akan menjelaskan DAO dengan bahasa pemrograman C#. Mungkin akan sedikit berbeda dengan Java. Tapi umumnya sama.
DAO merupakan pattern yang biasa digunakan oleh developer dalam pembuatan aplikasi menggunakan database.  Dan lebih simpel dan lebih mudah dipahami. DAO terdiri atas Entitas, Interface, Implement, dan Factory. Berikut merupakan penjelasanya
1.    Entitas
Entitas merupakan Class yang berisi atribut – atribut yang sesuai dengan salah satu tabel dalam database yang digunakan untuk program. Maksudnya entitas tersebut berisi atribut-atribut dalam tabel tertentu dengan tipe data yang sesuai pula dengan atribut tabel tersebut. Contoh






2.    Interface
Interface merupakan Class abstrak yang berisi variabel-variabel yang dibutuhkan untuk mengakses database. Biasanya entitas berisi variabel insert, update, delete, dan select. Namun bisa saja ada tambahan khusus dalam tiap tabel. Seperti misah stored procedure yang dipanggil dari interface tersebut. Contoh





3.    Implement
Implement merupakan Class yang berfungsi untuk mendeklarasikan Class Interface. Yang nantinya akan dipanggil ke Form. Implement sendiri berisi fungsi-fungsi yang sama seperti interface, perbedaannya interface hanya berisi nama fungsi tersebut. Sementara implement berisi nama fungsi sekaligus pendeklarasian fungsi tersebut. Contoh




4.    Factory
Factory adalah Class yang berfungsi untuk menghubungkan interface dan implement. Class Factory sendiri memanggil class interface lalu menghubungkan dengan implement yang sudah ditentukan. Biasanya factory yang dipanggil di view, kemudian di masukkan dalam interface yang dipanggil di view juga. Sebenarnya Factory sendiri tidak begitu dibutuhkan karena bisa saja class implement dipanggil di view kemudian disamakan dengan class interface. Namun agar program terlihat lebih rapi. Alangkah baiknya jika dimasukkan di program. Contoh





5.    View
View merupakan Class yang berisi desain form dan tampilan yang diakses user. Di Class view inilah class interface, factory, dan entitas dipanggil. Kemudian dihubungkan sesuai dengan program di implement. Contoh



Itulah sedikit penjelasan mengenai OOP dan DAO. Sebenarnya penjelasan diatas tidak begitu penting karena apabila kita sudah menguasai OOP, penjelasan diatas bisa kita pahami dengan sendirinya. Saya pun awalnya merasa bingung dengan penjelasan-penjelasan seperti itu. namun yang saya lakukan adalah mempelajari programnya. Hingga pada akhirnya ketika saya membaca penjelasan diatas, itu seperti sangat mudah dipahami. Jadi intinya cukup memahami OOP saja, jika kurang paham dengan penjelasan di artikel ini, jangan dipikirkan. Abaikan saja dan teruslah belajar J


Demikianlah artikel ini saya cukupkan sampai disini. Semoga artikel ini dapat menambah ilmu pengetahuan dan memecahkan masalah yang sedang teman-teman hadapi. Saya harap dengan membaca artikel ini, kita semua jadi lebih paham mengenai OOP dan tentunya semakin berminat pada pemrograman. Karena saat ini programmer adalah profesi yang menyenangkan. Terimakasih atas kunjungannya....

Post a Comment for "Penjelasan Tentang OOP(Object Oriented Programming) Patern DAO dengan Bahasa Pemrograman C#"