Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar Python Untuk Pemula Mulai Dari Awal

Belajar Python Untuk Pemula Mulai Dari Awal

Assalamu'alaikum wr.wb.
Selamat datang para pembaca yang haus akan ilmu pengetahuan, Kali ini saya akan memberikan tutorial mengenai "Belajar Python Untuk Pemula Mulai Dari Awal". Mungkin beberapa pembaca masih merasa asing dengan bahasa python ini. Atau mungkin beberapa dari pembaca penasaran dengan bahasa python lalu nyasar ke blog ini? Sebenarnya saya sendiri juga baru mempelajari bahasa python. Namun hal yang menyebabkan saya memposting tentang python bukanlah karena bahasa ini adalah bahasa baru. sebenarnya bahasa python sudah lama sekali ada. Dan bahasa ini sedang populer di kalangan programmer saat ini. Entah apa sebabnya saya pun tidak tahu. Maka dari itu, mari kita belajar bersama untuk memahami bahasa ini.

Pada kesempatan ini saya mulai memberikan pengertian bahasa pemrograman Python. Python adalah Bahasa pemrograman interpretatif multiguna dengan filosofi perancangan yang berfokus pada tingkat keterbacaan kode. Selain itu, python juga diklaim sebagai bahasa yang menggabungkan kapabilitas, kemampuan, dan sintaksis kode yang sangat jelas.Dan dilengkapi dengan fungsionalitas pustaka standar yang besar serta komprehensif.

Dari pengertian bahasa pemrograman python tersebut, kita tahu bahwa bahasa permrograman python sangat berguna untuk dipelajari. Karena pengertian tersebut menjelaskan tentang betapa pentingnya python sebagai bahasa pemrograman yang perlu untuk dipelajari.

Sebenarnya sebagai programmer, kita tidak perlu menguasai banyak bahasa pemrograman. Cukup beberapa saja, asalkan menguasainya secara mendalam. Berbeda apabila anda berniat menjadi guru yang mana profesi tersebut bertujuan untuk membagi ilmu. Maka sangat penting untuk mempelajari semua bahasa pemrograman. Tapi dengan konsekuensi tidak bisa menguasai secara mendalam.



Baca Juga


Berikut ini merupakan Kelebihan dan kekurangan Python. Disini kelebihan memang masih lebih banyak dari kekurangannya. Karena bahasa python memang sudah terbukti kemampuannya. Jadi tidak diragukan lagi bahwa bahasa pemrograman python adalah bahasa pemrograman yang terpercaya.

Kelebihan

  • Tidak ada tahapan dalam proses compile dan penyambungan (link) sehingga kecepatan perubahan pada masa pembuatan sistem aplikasi meningkat
  • Tidak ada deklarasi tipe sehingga program menjadi lebih sederhana, singkat, dan flexible
  • Kemampuan management memory secara auto yaitu kumpulan sampah memory sehingga dapat menghindari pencatatan source code
  • Tipe data dan operasi tingkat tinggi yaitu kecepatan pembuatan sistem aplikasi menggunakan tipe object yang telah ada
  • Bersifat OOP
  • Pelekatan dan perluasan dalam C
  • Terdapat kelas, modul, exception sehingga terdapat dukungan pemrograman skala besar secara modular
  • Pemuatan dinamis modul C sehingga extension menjadi sederhana dan berkas binary yang kecil
  • Pemuatan kembali secara dinamis modul Python seperti memodifikasi aplikasi tanpa menghentikannya
  • Model object universal kelas satu
  • Konstruksi pada saat aplikasi berjalan
  • Bersifat interaktif, dinamis, dan alamiah
  • Akses hingga informasi interpreter
  • Bersifat portable yang secara luas seperti pemrograman antar platform tanpa ports
  • Pelaksanaan compile untuk portable kode byte sehingga kecepatan eksekusi bertambah dan melindungi source code
  • Adanya interface yang terpasang untuk pelayanan keluar seperti perangkat bantu sistem, GUI, persistence, database
  • Python menyediakan bahasa pemrograman optimasi untuk kegunaan, bersama dengan perangkat bantu yang dibutuhkan untuk diintegrasikan dengan bahasa pemrograman lainnya

Kekurangan

  • Beberapa penugasan terdapat diluar dari jangkauan python, seperti bahasa pemrograman dinamis lainnya, python tidak secepat atau efisien sebagai statis, tidak seperti bahasa pemrograman kompilasi seperti bahasa C.
  • Disebabkan python merupakan interpreter, python bukan merupakan perangkat bantu terbaik untuk pengantar komponen performa kritis.
  • Python tidak dapat digunakan sebagai dasar bahasa pemrograman implementasi untuk beberapa komponen, tetapi dapat bekerja dengan baik sebagai bagian depan skrip antarmuka untuk mereka.
  • Python memberikan efisiensi dan fleksibilitas tradeoff by dengan tidak memberikannya secara menyeluruh. Python menyediakan bahasa pemrograman optimasi untuk kegunaan, bersama dengan perangkat bantu yang dibutuhkan untuk diintegrasikan dengan bahasa pemrograman lainnya.


Sedangkan Kegunaan Bahasa Pemrograman Python tidak lain dan tidak bukan merupakan sebagai media perantara untuk memberikan perintah pada komputer agar komputer melaksanakan tugasnya sesuai dengan keinginan programmer. Dengan Kegunaan tersebut, Bahasa pemrograman ini bisa digunakan untuk membuat aplikasi.

Hal yang membuat saya ingin memposting tentang Belajar Bahasa pemrograman python untuk pemula adalah karena kita harus belajar terus menerus. apalagi mengingat bahasa pemrograman yang saat ini terus ada perubahan. Sehingga apabila kita tidak up to date, kita bisa ketinggalan zaman. Apalagi saat ini python mulai diminati oleh sebagian besar programmer.

Tidak hanya penjelasan tentang python saja. Saya juga akan memberikan Cara membuat aplikasi dengan bahasa pemrograman python di lain waktu. Karena tujuan saya saat ini adalah memisahkan beberapa cara yang ada. agar nantinya terlihat mudah dimengerti dan akhirnya bisa memahami secara penuh dalam membuat aplikasi. Jadi saya harap pembaca bersabar dengan tutorial bahasa pemrograman python ini.

Berikut ini merupakan Contoh Coding Python yang akan saya tunjukkan. Namun Contoh tersebut merupakan Coding yang sederhana agar pembaca lebih memahami tentang program python. mari kita belajar membuat program python.

Sebelumnya, kita membutuhkan software untuk belajar bahasa pemrograman python sebagai compiler. disini saya menggunakan Python Shell. Saya sarankan menggunakan IDLE tersebut agar lebih mudah memahami. sehingga kita tidak perlu kebingungan ketika kita mulai menggunakan IDE.

1. Menampilkan Hello World

Ketikkan Script dibawah ini pada Text Editor. lalu ke Run-Run Module(F5). apabila ada keterangan untuk save, save terlebih dahulu.

print("Hello World")

Dan lihatlah hasilnya
Menampilkan Hello World pada python


Jika sudah muncul tulisan "Hello World" berwarna biru seperti diatas. Berarti Program sudah berhasil. Selain itu juga bisa untuk menampilkan angka (tanpa tanda kutip(")). jika tidak percaya, silahkan coba sendiri.

2. Input dan Output data menggunakan variabel

Python juga mendukung proses input dan output. Disini ada fungsi yang kita gunakan. yaitu input().

berikut ini adalah contoh program input input

#inputan
var_nama = input("Masukkan Nama anda : ")
var_umur = input("Umur anda : ")

Lalu ini outputnya

#menampilkan output dari hasil input
print ("Selamat Datang ",var_nama,"Sekarang anda berumur : ",var_umur," Tahun")

Dan ini adalah script secara lengkap

#inputan
var_nama = input("Masukkan Nama anda : ")
var_umur = input("Umur anda : ")
#menampilkan output dari hasil input
print ("Selamat Datang ",var_nama,"Sekarang anda berumur : ",var_umur," Tahun")


Jika Sudah, silahkan run dengan cara tekan tombol F5. dan lihat hasilnya

Input dan output menggunakan variabel

Mungkin beberapa dari pembaca berfikir ini sangat mudah. Iya memang ini sangat mudah. tidak ada sedikitpun tantangan disini. Bahkan script yang diketik jauh lebih sedikit daripada bahasa pemrograman lain.

Sebenarnya saya pun masih belajar dengan bahasa pemrograman Python ini. Maka Dari itu saya memposting tutorial ini dengan sepenuh hati. Karena saya memposting sekaligus belajar. Jadi bisa dibilang kita belajar bersama. Demikianlah tutorial yang dapat saya sampaikan. Assalamu'alaikum wr.wb.

Materi Selanjutnya : Tipe Data Dan Variabel Pada Bahasa Pemrograman Python

1 comment for "Belajar Python Untuk Pemula Mulai Dari Awal"

  1. bermanfaat, saya juga sedang menulis tentang python, bisa cek di https://rootorial.com

    ReplyDelete